Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

POLITIKAL NEWS

Poros Barito

Technology

KRIMINALITAS

ANTI KORUPTOR

Sports

POROS KALTENG

» » » » » » » » Gubernur Curhat Soal Penularan AIDS

SUARAPUBLIC.COM - Peringatan Hari AIDS Sedunia, Hari Guru Nasional dan Hari PGRI ke-60 digelar di Lapangan Sanaman Mantikei Palangkaraya, Kamis (16/12/2010). ribuan pelajar, mahasiswa, guru, PNS dan tokoh masyarakat setempat hadir dalam peringatan itu.

Dalam momen itu, Gubernur Agustin Teras Narang mengungkapkan keprihatinannya terhadap penularan penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) di Kalteng. "Saya prihatin kalau sampai pelajar tertular penyakit itu," kata Teras.

Untuk itu, Teras meminta agar para pelajar dan guru turut memperhatikan masalah penularan penyakit HIV/AIDS di Kalteng. Terutama terhadap penyalahgunaan narkoba, karena diketahui pengguna narkoba merupakan salah satu kelompok yang rawan tertular HIV/AIDS.

"Kita harus bersama-sama menekan agar tidak terjadi lagi penularan HIV/AIDS di Kalteng.Cukuplah yang telah lewat, mulai sekarang kita semuah harus berbenah diri agar tak terkena penyakit mematikan itu," kata Teras.

Melihat fakta penyebaran penyakit HIV/AIDS di Kalteng yang cenderung terus mengalami peningkatan tiap tahunnya, kekawatiran itu Teras sangat beralasan. Apalagi diketahui penyakit itu memamng tak hanya menjangkiti kelompok yang memang sangat rentan terjangkit HIV/AIDS, tapi juga pelajar dan masyarakat lainnya.

Sebagai contoh, data Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, sepanjang Januari hingga September 2010 lalu, tercatat sebanyak 25 kasus baru penderita AIDS. Jumlah itu tersebar di Kabupaten Kotawaringin Timur sembilan kasus, Kota Palangkaraya tujuh kasus, Kapuas dua kasus, Kotawaringin Barat dua kasus, dam masing-masing satu kasus di Katingan, Gunungmas, Pulangpisau, Sukamara dan Seruyan.

Sedangkan di Kabupaten Lamandau, Murungraya, Barito Timur, Barito Utara dan Barito Selatan, tahun ini belum ada laporan kasus AIDS. Hanya pada tahu sebelumnya terdapat tak kurang dari 10 kasus terdeteksi.

Sementara data Dinkes Kalteng sejak 2005 hingga 2010, jumlah kasus AIDS di Kalteng tercatat sebanyak 71 kasus. Hal membuat pemerintah prihatin karena peningkatan sangat signifikan selama dua tahun terakhir. Tengok saja 2008 tercatat hanya delapan kasus AIDS di Kalteng. Namun 2009 naik menjadi 21 kasus. Kemudian sepanjang 2010 naik sebanyak 25 kasus.

Penderita berdasarkan jenis pekerjaan, pegawai swasta sebanyak 23 orang, kemudian ibu rumah tangga sebanyak 12 orang. Sisanya pekerja seks komersial, bayi, buruh, pegawai negeri sipil, narapidana, petani, anak buah kapal, penambang, pegawai salon, pegawai hotel, satpam, sopir dan mahasiswa.


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama