Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

POLITIKAL NEWS

Poros Barito

Technology

KRIMINALITAS

ANTI KORUPTOR

Sports

POROS KALTENG

» » » Tujuh Kasus Korupsi di Gorontalo Ditangani KPK

warna hijau lokasi Provinsi Gorontalo
JAKARTA (suarapublic.com) - Kasus korupsi disejumlah daerah terus menjadi incara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Seperti baru-baru ini, KPK dikabarkan sedang menyelidiki tujuh sekaligus kasus korupsi di Provinsi Gorontalo. Modus korupsi diduga penyalahgunaan dan penyelewengan APBD, dan kesemua melibatkan penyelenggara negara.

"Karena didaerah banyak yang tak tertib dalam administrasi pemerintahan maupun pengelolaan anggaran, sehingga kasus korupsi di daerah paling banyak berkaitan dengan penyalahgunaan dana APBD," ungkap Pimpinan KPK Haryono Umar, ketika dihubungi wartawan pekan lalu, Senin (10/1).

Menurut Umar, sebelumnya KPK telah mewanti-wanti agar daerah berhati-hati dalam menggunakan dana APBD. Karena pengalaman selama ini, banyak kasus korupsi kepala daerah atau wakilnya terjadi karena penyalahgunaan dana APBD.

Umar mengakui, hingga 31 Desember 2010 sudah tujuh kasus korupsi di Gorontalo ditangani KPK. Sekarang ini statusnya kasus sudah di bagian penindakan (penyelidikan, red). Ada juga satu kasus lainnya yang masuk ke pencegahan. Sedangkan kasus yang ditangani Kepolisian, Kejaksaan, BPKP, dan MA, tidak ada yang diteruskan.

Berdasarkan data KPK, kasus tahun ini lebih sedikit dibanding 2009, dimana sebanyak delapan kasus korupsi yang sedang diselidiki (penindakan) KPK, dua ke pencegahan, dan satu ke pimpinan. Selanjutnya satu kasus korupsi masing-masing diteruskan ke kepolisian dan BPK.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama