Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

POLITIKAL NEWS

Poros Barito

Technology

KRIMINALITAS

ANTI KORUPTOR

Sports

POROS KALTENG

» » » PLN Kalteng Bangun PLTU di Palangkaraya

Palangkaraya - Impian warga Palangkaraya untuk mendapatkan suplai setrum listrik memadai sebentar lagi menjadi kenyataan. Pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) memastikan akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) didaerah setempat.

Lokasi pembangunan dilaksanakan di Kecamatan Rakumpit Kota Palangkaraya dengan kapasitas 2x200 megawatt. Keberadaan PLTU tersebut diyakini akan mampu mengatasi kekurangan daya setrum selama ini, terutama untuk memenuhi kebutuhan listrik diwilayah itu.

Ditargetkan pembangunan PLTU itu rampung 2016. Tak hanya kebutuhan listrik kota Palangkaraya, adanya PLTU itu kami pastikan akan mampu mengatasi krisis listrik se-Kalimantan," kata Manajer PLN Cabang Palangkaraya Taufik Eko Wardianto, Kamis (26/8).

Wardianto mengatakan, keseriusan mereka untuk membangun PLTU di Rakumpit dibuktikan dengan melakukan survei serta meneliti potensi batu bara di kawasan itu. Batu bara digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik tenaga uap tersebut.

"Tim ahli PLN tengah melakukan survei, terutama untuk menentukan lokasi yang repfresentatif tempat pembangunan PLTU juga meneliti potensi batu bara di kawasan itu, untuk bagan bakar PLTU tersebut," katanya.

Lebih jauh dikatanya, nantinya pembangunan PLTU sebesar 2x200 megawatt itu juga akan menambah sistem daya listrik regional kalimantan yang menghubungkan Kalsel, Kalteng, Kaltim, dan Kalbar.

"Pembangunan PLTU di Rakumpit ini akan menambah asupan setrum listrik PLTU di Kabupaten Pulangpisau berkapasitas 2x60 megawatt. PLTU Pulangpisau dalam tahap proses pengerjaan dan ditargetkan rampung akhir 2012," ungkapnya.

Pembangunan dua lokasi PLTU itu, diyakini Wardianto merupakan rencana jangka panjang jaringan listrik regional Kalimantan. Kedepannya jaringan listrik regional kalimantan akan tersambung dengan jaringan listrik di pulau Jawa dan Bali melalui kabel bawah laut.

Wali Kota Palangkaraya HM Riban Satia yang sebelumnya sempat putus asa mencari investor yang mau bekerjasama membangun PLTU di Kecamatan Rakumpit mengatakan menyambut baik, rencana PLN tersebut.

"Saya sangat gembira tiba-tiba dikabari oleh pimpinan PLN Kalselteng dan pimpinan PLN Wilayah Kaltim bahwa mereka berminat membangun PLTU di kawasan Rakumpit. Kami sangat mendukung," tegas Riban.

Menurutnya, PLN tertarik membangun PLTU itu karena Kota Palangkaraya berada di tengah-tengah pulau Kalimantan, yang sangat potensial untuk menyuplai listrik ke provinsi tetangga. (Pembangunan PLTU Pulangpisau Rampung 2012)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama