Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

POLITIKAL NEWS

Poros Barito

Technology

KRIMINALITAS

ANTI KORUPTOR

Sports

POROS KALTENG

» » » » Obama Perkuat Hubungan Investasi dengan Indonesia

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan memperkuat tiga bidang kerjasama negaranya dengan Indonesia. Di antaranya hubungan investasi, pertukaran pelajar dan perubahan iklim.

"Pemerintah Amerika Serikat fokus pada tiga agenda yang tertuang dalam perjanjian kemitraan komprehensif dengan Indoensia," kata Obama ketika menggelar jumpa pers bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (9/11/2010).

Menurut Obama, kerjasama bidang investasi dan hubungan dagang dengan Indonesia dapat menciptakan hubungan yang baik antara kedua negara. "Itulah sebabnya Indonesia menjadi pasar terbesar dan menggandakan pasar kita," kata Obama.

Saat ini, AS akan menjadi negara dengan jumlah investasi terbesar ketiga di dunia. "Kita tidak suka menjadi nomor tiga. Kita akan menjadi nomor satu. Dan kami akan lakukan riset bersama," timpalnya.

Bidang pertukaran pelajar, kata Obama, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah AS sepakat untuk meningkatkan kerja sama program itu. Obama mengatakan, sangat berterima kasih kepada Presiden RI atas penambahan siswa AS di Indonesia.

Sedangkan bidang perubahan iklim, Obama mengatakan AS mendukung Indonesia untuk melanjutkan program yang berkaitan dengan perubahan iklim itu. "Tidak ada keraguan bahwa Indonesia akan berada di garis depan dalam memerangi perubahan iklim, dan kami senang bekerja sama dengan Indonesia," imbuh Obama.

Obama juga memuji pemberantasan korupsi dan penegakan hak asasi manusia di Indonesia. "Saya rasa semua harus belajar pada Indonesia," katanya.

Obama berjanji akan meningkatkan kerja sama di bidang keamanan, termasuk di bidang penanggulangan terorisme dan bajak laut dengan Indonesia.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama